Referensi contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Selasa, 31 Mei 2016

Daftar Kesalahan Konyol Saat Menulis Surat Lamaran Kerja

Menulis surat lamaran kerja adalah hal yang sangat sederhana, namun hal tersebut sangat penting untuk dilakukan. Sebab surat lamaran kerja adalah jembatan yang bisa mempertemukan antara anda sebagai pencari kerja dan juga seseorang di sebuah perusahaan yang sedang membutuhkan seseorang untuk mengisi lowongan yang sedang kosong. Walau menulis surat lamaran kerja adalah hal yang sederhana, anda tak boleh mengaggapnya sebagai hal yang sepele.

Berikut ini ada beberapa daftar kesalahan konyol yang dilakukan oleh seseorang ketika menulis surat lamaran kerja. Sebenarnya kesalahan ini dapat dihindari andai saja seseorang menyempatkan sedikit lebih banyak waktunya untuk menuliskan surat lamaran kerja dengan fokus dan serius. Namun, karena barangkali terlalu menyepelekan, maka masalah masalah konyol tersebutlah yang malahan membuat anda tak pernah mendapatkan panggilan untuk mengikuti proses seleksi kerja secara lebih lanjut.

kesalahan saat menulis surat lamaran kerja

Nah, beberapa permasalahan konyol tersebut antara lain diantanyanya adalah, terlalu detail. Banyak orang yang menulis surat lamaran kerja dengan sangat detail, sampai menyebutkan semua nomor ponsel yang dimiliki, semua alamat yang dimiliki, bahkan alamat tempat dulu bersekolah. Hal tersebut hanya membuat surat lamaran anda menjadi tampak penuh, namun sesungguhnya sangat tak berisi.

Hal selanjutnya yang juga konyol adalah karena surat lamaran anda terlalu banyak ruang kosongnya. Ruang kosong tersebut dikarenakan anda tak menuliskan banyak hal penting. Masalah ini adalah kebalikan dari masalah yang pertama. Jadi, surat lamaran tak boleh terlalu kosong, dan juga tak boleh terlalu detail dengan hal hal yang tidak penting.

Anda juga kerap memasang foto di dalam surat lamaran kerja anda. Hal tersebut sesunggunya sangat mengganggu, kecuali jika memang pihak perusahaan meminta anda untuk melakukan hal tersebut. Lalu masalah typo atau salah ketik, masalah ini juga sangat sepele, tapi sangat sering sekali terjadi pada surat lamaran kerja. Padahal surat lamaran kerja termasuk surat resmi yang mestinya anti-typo.

Anda juga jangan terlalu percaya diri untuk menyebutkan segala hal yang menunjukkan siapa diri anda, sekalipun itu adalah sebuah prestasi. Pilih prestasi yang benar benar sesuai dengan lowongan yang akan anda masuki. Jangan menyantumkan prestasi yang tidak ada hubungannya sama sekali, hal itu akan sangat konyol.

Senin, 16 Mei 2016

Font Terbaik Untuk Surat Lamaran Kerja dan CV

Sebagai seorang pencari kerja, atau yang lebih keren jika disebut sebagai job seeker, kemampuan untuk membuat surat lamaran adalah hal yang tak boleh disepelekan. Mungkin perkembangan teknologi saat ini sudah memudahkan orang untuk menulis surat lamaran, hanya tinggal melihat contoh yang disediakan di internet, sedikit edit, lalu beres.

Berbeda dengan zaman dulu. Dulu, untuk menulis surat lamaran kerja harus dengan menggunakan tulisan tangan, walau kini masih ada yang mempersyaratkan hal tersebut, tapi jumlahnya sangat minim. Sekarang sudah zamannya komputer dan juga internet, untuk menulis surat lamaran bukan perkara yang susah. Ada banyak sekali referensi yang bisa digunakan sebagai panduan.

Font Terbaik Untuk Surat Lamaran Kerja

Namun begitu, ternyata kecanggihan teknologi tak selamanya membuat seseorang menjadi semakin mudah untuk melakukan sesuatu. Banyaknya pilihan yang disediakan bisa membuat seseorang melakukan sebuah kesalahan fatal. Termasuk dalam hal menulis surat lamaran kerja. Jika diteliti secara seksama, kebanyakan orang jika menulis surat lamaran kerja hanya menggunakan jenis huruf yang standar seperti times new roman. Sehingga, wujud surat tersebut sangat tidak menarik.

Para pencari tenaga kerja sesunggunya membaca banyak sekali surat lamaran yang masuk kepada mereka. Entah melalui pos atau melalui email yang dikirim dengan memanfaatkan jaringan internet. Sehingga jika anda mengirimkan surat lamaran dengan kondisi yang sangat tidak menarik sudah pasti tak akan dibaca.

Maka dari itu, berikut ini ada beberapa jenis huruf yang sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin menulis surat lamaran kerja. Diantaranya adalah Helvetica, jenis huruf ini memberikan kesan yang indah, profesional, ringan dan juga jujur. Lalu ada lagi jenis huruf Proxima Nova, jenis huruf ini disukai oleh banyak orang dan memberikan kesan yang profesional dan juga formal, sehingga sangat cocok untuk melamar kerja.

Lalu ada juga jenis huruf Garamond yang sangat baik digunakan untuk penulisan CV sebab mudah untuk dibaca, singkat, dan sangat sederhana. Demikianlah ulasan mengenai jenis jenis huruf terbaik yang layak digunakan untuk menulis surat lamaran kerja supaya kesempatan anda untuk dipanggil mengikuti seleksi selanjutnya semakin besar saja.

Senin, 09 Mei 2016

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Baik dan Benar

Contoh surat lamaran kerja umum adalah contoh surat lamaran kerja paling dasar yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan. Bagi anda para fresh graduated, maka mempelajari cara cara membuat surat lamaran kerja secara umum adalah suatu kewajiban. Sebab, biasanya para lulusan baru yang belum berpengalaman senang memasukkan surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan.
Sebenarnya, setiap perusahaan pasti memiliki kriteria tersendiri dalam menyeleksi surat lamaran yang masuk. Setiap perusahaan memiliki standar terhadap surat lamaran yang seperti apa yang sekiranya akan tetap terus di proses. Sehingga, hal tersebut mengharuskan anda untuk mempelajari tipe tipe perusahaan sebelum anda memasukkan surat lamaran kerja ke sana.

Nah, bagaimana cara untuk mempelajari tipe tipe perusahaan? Dan bagaimana cara untuk mengetahui surat lamaran kerja yang seperti apa yang akan terus diproses perusahaan? Anda harus ingat bahwa dunia tidak sesempit daun kelor. Ada banyak jalan menuju roma, sehingga untuk sekadar jalan menuju sebuah perusahaan saja tentu juga ada banyak.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Begini, sekarang kan akses internet sudah tidak terbatas lagi. Di dalam berbagai website pasti banyak dibahas terkait tipe tipe suatu perusahaan. Pastinya banyak juga orang yang suka memposting pengalamannya saat memasukkan surat lamaran pekerjaan ke sebuah perusahaan. Dari situlah anda dapat belajar untuk tidak hanya berpacu pada contoh surat lamaran kerja umum saja.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Boyolali, 24 Agustus 2015
Hal : Lamaran Pekerjaan Yth. HRD PT. BROTHERS Tbk
Lampiran : 8 Lembar di tempat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Isneni Zulkarnain
Tempat, Tanggal Lahir : Boyolali, 19 Juli 1995
Umur : 20 tahun
Pendidikan Terakhir : SMK Akuntansi
No. Telepon : 085-009-111-101
Alamat Rumah : Kedungbumi RT.09/RW.01, Wates, Sambi, Boyolali
Bersama ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai Operator Produksi. Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik dan tidak pernah terlibat dengan permasalahan hukum apapun. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas penting yang saya miliki, Sebagai berikut,
1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV) – 1 lembar
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) – 1 lembar
3. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir - 1 lembar
4. Fotokopi Transkrip Nilai yang telah dilegalisr - 1 lembar
5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisir – 1 lembar
6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter yang telah dilegalisir – 1 lembar
7. Pas Photo 4X6 – 1 lembar
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat,  saya sangat berharap dapat diproses untuk mengikuti rangkaian seleksi lebih lanjut. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Isnaeni Zulkarnain

Apalagi jika anda adalah seorang fresh graduated yang sama sekali tidak memiliki pengalaman kerja, di situ anda hanya bisa menawarkan diri anda lewat isi surat lamaran kerja dan resume anda saja, tidak ada nilai lebih yang dapat anda berikan lewat surat keterangan pengalaman kerja. Jadi, jika surat lamaran kerja yang anda buat hanyalah surat lamaran kerja yang seperti pada umumnya, maka apakah anda masih yakin kalau orang orang HRD itu mau melirik anda?

Nah, cobalah untuk berpikir lebih luas lagi. Saat ada perusahaan yang membuka lowongan, anda bukanlah satu satunya orang yang memasukkan lamaran, pasti di luaran sana juga banyak yang mengajukan permohonan yang sama dengan anda, bahkan bisa jadi banyak yang sudah sangat berpengalaman. Jadi, jika anda hanya menggunakan contoh surat lamaran kerja umum, jangan berharap terlalu besar untuk dapat diterima.

Senin, 02 Mei 2016

Contoh Surat Lamaran Kerja Bank Mandiri

Contoh surat lamaran kerja bank mandiri biasanya sudah ditentukan oleh pihak bank mandiri. Saat bank mandiri membuaka peluang kerja bagi para pencari kerja, pihak bank mandiri selalu menggunakan proses seleksi secara online, sehingga para pelamar hanya perlu mengisi aplikasi yang telah disiapkan oleh pihak bank mandiri di website resminya.

Cara tersebut sebenarnya juga lebih efektif dan menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik bagi bank mandiri sebagai pihak penyelenggara maupun bagi masyarakat pencari kerja sebagai pihak peserta. Sebab, dengan menggunakan sistem online, proses lamaran kerja tidak membutuhkan banyak dokumen dokumen dalam bentuk fisik, namun semuanya dalam bentuk file.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bank Mandiri

Akan tetapi, pada beberapa cabang bank mandiri, terkadang proses rekruitmen karyawan baru masih dilakukan dengan cara manual, menggunakan contoh surat lamaran kerja bank mandiri dan dokumen dokumen penunjang yang lainnya, hal ini disebabkan jumlah tenaga kerja baru yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, dan hanya menjangkai dalam satu wilayah tempat cabang itu berada.

Sehingga walaupun menggunakan proses lamaran kerja yang manual tidak akan membuat proses seleksi menjadi ribet. Namun, justru cara tersebut akan sangat efektif, sebab hal seperti itu adalah cara yang paling tepat untuk proses seleksi secara lokal. Jika menggunakan sistem online malah akan ribet, karena harus melakukan koordinasi dengan pihak pusat.

Surat Lamaran Kerja Bank Mandiri

Pematang Siantar, 19 Oktober 2014
Lampiran : 8 Lembar
Hal : Lamaran Pekerjaan
Yth. Staf HRD PT. Bank Mandiri
di tempat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Yudha Prasetya Utama Ghazali Sinaga, S.E.
Tempat, Tanggal Lahir : Pematang Siantar, 15 Oktober 1993
Umur : 21 tahun
Pendidikan Terakhir : S1 – Akuntansi
No. Telepon : 087666228771
Alamat Rumah : Jl Perdamaian Raya No 148 Pematang Siantar
Bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja di Perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpim untuk mengikuti program Manajemen Training sebagaimana yang diberitakan pada iklan lowongan pekerjaan Koran Harian Sumut Pos edisi 17 Oktober 2014.
Sebagai bahan pertimbangan, maka saya lampirkan beberapa berkas administrasi yang dapat mendukung proses seleksi, sebagai berikut,
1. Curriculum Vitae (CV) – 1 lembar
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) – 1 lembar
3. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir - 1 lembar
4. Fotokopi Transkrip Nilai yang telah dilegalisr - 1 lembar
5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisir – 1 lembar
6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter yang telah dilegalisir – 1 lembar
7. Pas Photo 4x6 – 1 lembar
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,


Yudha Prasetya Utama Ghazali Sinaga, S.E.
Semua yang dijelaskan di atas sebenarnya tidak terlalu penting bagi para job seeker. Bagi job seeker yang paling penting adalah mendapatkan pekerjaan, mau bagaimana pun sistem seleksinya, online maupun manual. Hanya saja, jika job seeker sudah tahu sistem yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam melakukan proses rekriuitmen maka hal tersebut dapat menjadi suatu pengalaman yang luar biasa.

Jika bank mandiri membuka lowongan dengan sistem online, maka para pencari kerja harus memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan. Tak perlu membuat surat lamaran kerja bank mandiri, namun hanya perlu mengisi aplikasi yang sudah ada, namun jika proses seleksi dilakukan secara manual, maka pelamar tetap harus membuat surat lamaran kerja yang baik sesuai dengan standar surat lamaran untuk perusahaan atau instansi resmi. Pastikan Anda mempersiapkan diri apabila sewaktu-waktu akan dipanggil untuk interview.