Referensi contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Senin, 21 Maret 2016

Contoh Surat Lamaran Kerja Online

Contoh surat lamaran kerja online sebenarnya seperti surat lamaran kerja pada umumnya, hanya saja pengirimannya secara online. Mungkin anda pernah melihat lowongan pekerjaan yang mencantumkan alamat email sebagai tempat mengirim surat lamaran. Artinya, jika ingin melamar maka surat lamaran kerjanya dikirim ke alamat email tersebut.

Surat kerja yang tidak dikirim langsung ke tempat kerja ini harus dibuat semenarik mungkin supaya HRD yang menyeleksi anda juga tertarik dengan surat lamaran anda. Biasanya, surat lamaran kerja online tidak begitu direspon ketika banyak yang mengirim surat lamaran secara langsung ditempat. Meskipun tidak semua HRD melakukan hal itu.

Contoh Surat Lamaran Kerja Online

Surat lamaran kerja online memang memudahkan bagi pelamar maupun pihak yang membuka lowongan. Selain tidak ribet mengurusi administrasi, juga meringankan para pelamar untuk mengirim surat lamaran kerja. Hal ini hanya duduk manis di rumah, surat lamaran kerja sudah sampai pada alamat yang dituju tanpa mendatangi tempatnya secara langsung.

Selalu ada plus dan minusnya jika berbicara tentang surat lamaran kerja online. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin melamar kerja dengan pengiriman surat lamaran secara online harus memiliki kreatifitas untuk mengolah kalimat. Tujuannya untuk menarik para HRD yang akan menyeleksi. Lebih jelasnya, perhatikan contoh surat lamaran kerja online berikut ini.

Surat Lamaran Kerja Online

Kudus, 25 Agustus 2015
Yth. Staf HRD PT. Google Indonesia
di tempat
Dengan hormat,
Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dibuat di website google.com/karirIndonesia pada 22 Agustus 2015 yang lalu, maka dengan ini saya Ramandika Arya Nugraha bermaksud untuk melamar pekerjaan pada PT Google Indonesia sebagai staf teknisi media.

Saya adalah laki laki berusia 23 tahun yang belum menikah dan telah menyelesaikan pendidikan pada jenjang S1 jurusan Teknik Informatika Universitas Bina Bangsa Semarang pada tahun 2014 silam.
Saya telah memiliki pengalaman di bidang teknisi media dari perusahaan tempat saya bekerja sebelumnya, yaitu di PT Teknika Komputama Semarang sebagai staf IT.
Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik dan tidak pernah terlibat dengan permasalahan hukum apapun.
Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan beberapa berkas penting yang saya miliki, Sebagai berikut,
1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)
2. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Scan Ijazah Terakhir
4. Scan Transkrip Nilai
5. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
6. Scan Surat Keterangan Dokter
7. Pas Photo
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, saya sangat berharap dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

Ramandika Arya Nugraha, ST

Hampir sama dengan contoh surat kamaran kerja pada umumnya. Sebenarnya, format dalam penulisan surat lamaran kerja hampir semua sama. Tinggal isinya yang berbeda-beda karena didalam isi akan menyampaikan maksud dan tujuan anda mengirim surat lamaran tersebut serta posisi yang diinginkan juga akan berbeda. Surat lamaran kerja online juga tidak dikirim sendirian melainkan disertai dengan lampiran lampiran sebagai pendukung.

Baca: contoh surat lamaran via email

Lampiran pada surat lamaran kerja dapat anda sesuaikan dengan syarat dan ketentuan pembuka lowongan. Namun, jika tidak dicantumkan berarti menggunakan lampiran yang umum dipakai ketika melamar kerja. Lampiran tersebut yakni daftar riwayat hidup, foto copy ijazah, KTP, skck, surat keterangan kesehatan, dan pas foto terbaru. Begitulah contoh surat lamaran kerja online yang dibuat untuk melamar kerja lewat email.