Referensi contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Selasa, 09 Agustus 2016

Tips Menulis Resume Surat Lamaran Kerja yang Pasti Dilirik


Apakah anda saat ini masih mengaggur? Jika iya, anda harus mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dalam proses melamar pekerjaan. Hal tersebut dikarenakan seseorang memang wajib melakukan sebuah pekerjaan demi mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Walau pekerjaan bisa apa saja, namun banyak diantara anda semuanya yang masih cenderung menganggap hal hal yang anda dapatkan dengan cara mengajukan surat lamaran adalah jenis pekerjaan yang sebenar benarnya.

Jika sejak awal tahun ini anda telah memiliki resolusi untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, maka saat ini adalah saat yang tepat untuk mewujudkan resolusi atau harapan anda tersebut. Apalagi lowongan pekerjaan yang dibagikan sebenarnya tak pernah sepi, hanya saja orang orang banyak yang terlalu memilih ini dan itu, sehingga banyak lowongan yang tak dilirik sama sekali. Biasanya orang orang yang seperti itu cenderung akan susah mendapatkan pekerjaan. Sebab, pada dasarnya semua pekerjaan bukanlah suatu aktivitas untuk bersenang senang, namun tidak semua pekerjaan adalah hal yang tak menyenangkan.

Resume Surat Lamaran Kerja

Nah, untuk anda yang sedang berusaha keras untuk mendapatkan pekerjaan dari lamaran lamaran yang anda masukkan ke perusahaan perusahaan yang yang sedang membuka lowongan, maka anda perlu memperbaiki beberapa hal dari berkas yang anda lampirkan. Meski tampak sebagai sesuatu yang sederhana, sebenarnya Curiculum Vitae atau resume seseorang sangat mempengaruhi dapat diterima atau tidaknya seseorang pada sebuah posisi pekerjaan. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang perlu anda terapkan pada resume diri anda supaya lebih dilirik oleh perekrut.
  1. Buat Resume Secara Ringkas
Anda tak perlu menuliskan resume diri anda dengan cara yang berlebihan, walaupun anda memiliki kemampuan menulis yang baik, sesungguhnya resume yang disukai oleh perekrut adalah yang dibuat dengan singkat, namun dapat menggambarkan banyak hal.
  1. Gunakan Kata dan Bahasa yang Jelas
Hal ini penting untuk dilakukan. Kata kata dan bahasa yang jelas yang digunakan dalam penulisan resume akan membuat anda tampak seperti seseorang yang profesional. Selain itu, kata dan bahasa yang jelas juga akan membuat perekrut mudah memahami diri anda.
  1. Tunjukkan Apa yang Sudah Anda Lakukan
Apa yang telah anda lakukan selama ini sebaiknya ditulis secara singkat dalam resume anda. Namun, hal hal tersebut harus yang sesuai dengan posisi yang sedang anda lamar, jangan sampai malah anda menuliskan hal hal yang sangat bertentangan dengan posisi tersebut.
Facebook Twitter Google+