Referensi contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Selasa, 23 Agustus 2016

7 Trik Ampuh Menulis Surat Pengantar Lamaran Kerja Supaya Dilirik


Saat anda mengajukan surat lamaran kerja, CV atau resume diri anda adalah hal yang paling penting. Namun di balik semua itu, ada surat lain yang tak kalah penting. Surat tersebut adalah surat pengantar lamaran kerja, surat inilah yang pertama kali akan dibaca oleh calon atasan anda. Sehingga, kesan akan diri anda pertama kali akan ditangkap saat seseorang membaca surat pengantar ini.

Anda tentu paham jika kompetisi untuk mendapatkan sebuah pekerjaan adalah sesuatu yang sangat ketat. Calon atasan anda tentu bukan hanya menerima surat lamaran dari anda saja, melainkan dari ribuan pelamar kerja yang lainnya. Semua pelamar tersebut pasti memberikan surat pengantar, tentu hal tersebut membuat seseorang yang membacanya akan merasa bosan dengan apa yang tertulis dalam surat tersebut jika hanya menggunakan kata kata yang klasik.

surat pengantar lamaran kerja untuk hrd

Lantas, bagaimana cara untuk menangani masalah ini? Bagaimana cara menulis surat pengantar lamaran kerja yang lain dari pada yang lain, yang bisa membuat perekrut tidak merasa bosan untuk membaca dan bahkan justru sangat tertarik untuk mengetahui segala sesuatu yang anda lampirkan dalam surat tersebut? Simak beberapa tips ampuh di bawah ini, lalu terapkan pada setiap surat pengantar lamaran kerja yang anda buat ke perusahaan perusahaan.
  1. Tulislah hal hal yang membuat pihak perekrut yakin dengan diri anda dengan berbagai pengalaman yang anda miliki.
  2. Jangan menuliskan hal hal yang mengacu pada kekurangan diri anda.
  3. Tuliskan hal hal yang lebih fokus membahas tentang kontribusi apa yang bisa anda berikan kepada perusahaan, bukan sesuatu tentang diri anda yang berlebihan.
  4. Usahakan untuk membuat surat pengantar tetap tampak bersih, tanpa coretan atau kesalahan tulis.
  5. Buat kalimat kalimat yang unik, berbeda untuk setiap kali anda mengirim surat lamaran ke setiap perusahaan.
  6. Ungkap sisi menarik diri anda, beranilah menuliskan hal hal yang berbeda tentang diri anda.
  7. Buatlah surat pengantar dengan panjang yang wajar, jangan berlebihan, dan jangan terlalu pendek.
Facebook Twitter Google+