Referensi contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Selasa, 31 Mei 2016

Daftar Kesalahan Konyol Saat Menulis Surat Lamaran Kerja


Menulis surat lamaran kerja adalah hal yang sangat sederhana, namun hal tersebut sangat penting untuk dilakukan. Sebab surat lamaran kerja adalah jembatan yang bisa mempertemukan antara anda sebagai pencari kerja dan juga seseorang di sebuah perusahaan yang sedang membutuhkan seseorang untuk mengisi lowongan yang sedang kosong. Walau menulis surat lamaran kerja adalah hal yang sederhana, anda tak boleh mengaggapnya sebagai hal yang sepele.

Berikut ini ada beberapa daftar kesalahan konyol yang dilakukan oleh seseorang ketika menulis surat lamaran kerja. Sebenarnya kesalahan ini dapat dihindari andai saja seseorang menyempatkan sedikit lebih banyak waktunya untuk menuliskan surat lamaran kerja dengan fokus dan serius. Namun, karena barangkali terlalu menyepelekan, maka masalah masalah konyol tersebutlah yang malahan membuat anda tak pernah mendapatkan panggilan untuk mengikuti proses seleksi kerja secara lebih lanjut.

kesalahan saat menulis surat lamaran kerja

Nah, beberapa permasalahan konyol tersebut antara lain diantanyanya adalah, terlalu detail. Banyak orang yang menulis surat lamaran kerja dengan sangat detail, sampai menyebutkan semua nomor ponsel yang dimiliki, semua alamat yang dimiliki, bahkan alamat tempat dulu bersekolah. Hal tersebut hanya membuat surat lamaran anda menjadi tampak penuh, namun sesungguhnya sangat tak berisi.

Hal selanjutnya yang juga konyol adalah karena surat lamaran anda terlalu banyak ruang kosongnya. Ruang kosong tersebut dikarenakan anda tak menuliskan banyak hal penting. Masalah ini adalah kebalikan dari masalah yang pertama. Jadi, surat lamaran tak boleh terlalu kosong, dan juga tak boleh terlalu detail dengan hal hal yang tidak penting.

Anda juga kerap memasang foto di dalam surat lamaran kerja anda. Hal tersebut sesunggunya sangat mengganggu, kecuali jika memang pihak perusahaan meminta anda untuk melakukan hal tersebut. Lalu masalah typo atau salah ketik, masalah ini juga sangat sepele, tapi sangat sering sekali terjadi pada surat lamaran kerja. Padahal surat lamaran kerja termasuk surat resmi yang mestinya anti-typo.

Anda juga jangan terlalu percaya diri untuk menyebutkan segala hal yang menunjukkan siapa diri anda, sekalipun itu adalah sebuah prestasi. Pilih prestasi yang benar benar sesuai dengan lowongan yang akan anda masuki. Jangan menyantumkan prestasi yang tidak ada hubungannya sama sekali, hal itu akan sangat konyol.
Facebook Twitter Google+