-->

Referensi contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Senin, 25 April 2016

Surat Lamaran Kerja Atas Inisiatif Sendiri


Surat lamaran kerja atas inisiatif sendiri adalah sebuah suarat lamaran kerja yang bisa ditujukan ke perusahaan mana saja, sebab surat tersebut bersifat universal. Surat lamaran kerja yang bermodel seperti ini biasanya adalah hasil dari kreativitas seseorang yang sangat menginginkan sebuah pekerjaan. Bentuk suratnya tidak mainstream, kata katanya sangat unik dan juga lain daripada yang lain.

Untuk anda yang ingin segera memiliki pekerjaan, namun tidak kunjung mendapatkan informasi mengenai sebuah lowongan pekerjaan, maka sebaiknya anda mulai menulis surat lamaran kerja secara inisiatif, lalu anda kirimkan ke berbagai perusahaan yang anda inginkan. Bisa via pos, diantar langsung, atau bahkan dikirim lewat email.

Cara mengirim yang ketiga adalah yang paling dianjurkan, yaitu via email. Hal tersebut dikarenakan jika anda mengirim lewat email maka anda tidak akan mengeluarkan biaya, hanya cukup biaya internet yang tidak seberapa. Walau begitu, memang kesempatan untuk surat lamaran anda dapat diseleksi dengan baik tidaklah besar, karena pengirim surat lamaran kerja via email ke sebuah perusahaan jumlahnya pasti sangat banyak.

Sedangkan jika anda mengirimkan surat lamaran kerja atas inisiatif sendiri via pos atau bahkan diantarkan secara langsung jika lokasi perusahaan tersebut tidak terlalu jauh dari alamat anda, maka biaya yang dikeluarkan pun akan lebih banyak. Namun untuk prospek lamaran anda untuk diproses jauh lebih besar daripada saat anda hanya mengirimkan via email dalam bentuk cetak. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa anda ambil dan dijadikan sebagai referensi mengenai contoh surat lamaran kerja.

Surabaya, 25 April 2015
Hal                   : Lamaran Pekerjaan
Lampiran         : 7 Halaman
Kepada Yth     : Bapak/Ibu Kepala Bagian Personalia
PT Indo Komputek
Jln C. Simanjuntak  No 94
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Andini Saputri
Tempat tanggal lahir   : Saurabay, 12 Januari 1992
Alamat                         : Taman Sari 12 RT4/9 Sukojaya, Surabaya
Pendidikan terakhir     : S1 Teknik Informatika
Status                           : Belum Kawin
No HP                          : 08976552176

Bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama surat ini saya lampirkan:
1. Daftar riwayat hidup
2. Fotocopy KTP yang masih berlaku
3. Fotocopy Ijazah pendidikan terakhir
4. Fotocopy SKKB
5. Fotocopy SKCK dari kepolisian
6. Fotocopy Surat pengalaman kerja
7. Pas foto terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan saya dapat diterima bekerja di PT Indo Komputek. Atas waktu dan perhatian yang bapak ibu berikan saya ucapkan banyak terima kasih.

                                                                                                        Hormat saya


                                                                                                     (Andini Saputri)

Contoh yang disebukan di atas hanya sebagian saja. Sebenarnya masih ada banyak sekali contoh contoh yang lain. Hanya saja karena ini adalah sebuah contoh yang membahas soal inisiatif, maka sebaiknya memang dibuat secara mandiri dengan mengandalkan pikiran yang penuh dengan ide kreatif.

Demikianlah beberapa contoh surat lamaran kerja atas inisiatif sendiri yang diharapkan bisa menjadi sebuah pemicu untuk terus berusaha dalam mencari sebuah perusahaan. Sebab seseorang yang hidup di dunia ini memang butuh untuk bekerja demi mencukupi kebutuhan hidup.
Facebook Twitter Google+