-->

Referensi contoh pembuatan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Selasa, 17 Januari 2017

Contoh Surat Lamaran Kerja Ke Sekolah Negeri/Swasta Yang Baik


Bagi anda para lulusan sarjana kependidikan yang idealnya bekerja menjadi tenaga pendidik di sekolah ini sebaiknya melihat contoh surat lamaran kerja ke sekolah sebelum anda mengajukan surat lamaran. Hal ini sangat penting karena surat lamaran ke sekolah bisa dikatakan agak berbeda dengan surat lamaran kerja lainnya yang ditujukan ke perusahaan, bank, atau tempat kerja milik swasta lainnya.

Surat lamaran kerja ke sekolah biasanya ditulis dengan tangan dan dilengkapi dengan lampiran yang terdiri dari daftar riwayat hidup, foto copy ijazah S1 yang telah dilegalisir, foto gopy transkip nilai, KTP, akta VI, pas foto, dan sertifikat. Lampiran tersebut sebagai pertimbangan kepala sekolah untuk menerima anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja Ke Sekolah

Pada surat lamaran kerja ke sekolah tidak membutuhkan lampiran berupa foto copy skck dan surat keterangan kesehatan seperti pada lamaran kerja lainnya. Hal ini karena di sekolah yang dibutuhkan adalah kemampuan mengajarnya sebagai pendidik. Format penulisan suratnya sendiri seperti pada surat lamaran pada umumnya. Anda tinggal mengganti isinya dengan maksud dan tujuan anda melamar.



Pada bagian awal surat pasti diawali dengan tempat dan tanggal surat dibuat. Setelah itu, alamat sekolah yang dituju dengan menambahkan kata kepala sekolah. Baru anda menuliskan isi suratnya dengan maksud ingin menjadi tenaga pendidik di sekolah tersebut. Kemudian cantumkan lampiran sebagai bahan pertimbangan. Supaya lebih jelas, anda dapat melihat contoh surat lamaran kerja ke sekolah berikut ini.

Surat Lamaran Kerja Ke Sekolah

Pekalongan, 28 Agustus 2015
Yth. Kepala SMKN 10 Pekalongan
di Pekalongan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Rina Kartika Sari, S.Pd.
Tempat, Tanggal Lahir : Pekalongan 29 Mei 1993
Umur : 22 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Status : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir : S1 – Pendidikan Biologi
No. Telepon : 085825007940
Alamat Rumah : Dukuh Tresno, Desa Tresno, Kecamatan Wirosari, Kab. Pekalongan.
Bersama ini saya bermaksud mengajukan permohonan kerja di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin sebagai guru biologi. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas penting yang saya miliki, Sebagai berikut,
1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Fotokopi Ijazah Terakhir
4. Fotokopi Transkrip Nilai
5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter
7. Pas Photo 4X6
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, saya berharap Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan surat lamaran ini. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,


Rina Kartika Sari, S.Pd.

Baca juga surat lamaran kerja guru wiyata

Secara format tidak jauh berbeda dengan surat lamaran kerja lainnya, namun secara isi pasti berbeda karena setiap surat lamaran kerja memiliki maksud dan tujuan yang berbeda, terutama pada posisi yang akn ditempati. Selain itu, data pendukung yang dilampirkan juga berbeda dengan lainnya. Hal ini karena melamar kerja di pendidikan formal akan melihat pada aspek akademisnya untuk menjadi pendidik.

Bagi anda yang ingin melamar kerja di lembaga pendidikan formal, baik jenjang Sekolah Dasar, SMP, maupun SMA dapat melihat contoh surat lamaran kerja ke sekolah sebagai referensi. Beragam bentuknya namun tetap memiliki inti yang sama.
Facebook Twitter Google+